RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMK Pasundan 3 Bandung
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/
Semester : X / II
Alokasi
Waktu : 4 X 45
Menit
A.
Kompetensi
inti
KI
3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompotensi Dasar
|
Indikator
|
4.1 Menginterpretasikan makna teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4.1.1
Menentukan makna kata
isi teks prosedur kompleks.
4.1.2
Menentukan
istilah-istilah isi teks prosedur kompleks.
4.1.3
Menentukan ungkapan
dalam teks prosedur kompleks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik
dapat menunjukkan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia yang dapat
digunakan sebagai alat komunikasi, hiburan dan kritik sosial.
2. Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik
dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia.
3. Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik
dapat memahami struktur isi, ciri-ciri, kaidah, dan unsur-unsur dalam teks
prosedur kompleks.
4. Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik
dapat menginterpretasi makna, istilah dan ungkapan yang terdapat dalam teks
prosedur kompleks.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian menginterpretasikan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:543) adalah pemberian kesan,
pendapat, atau pandangan teoretis tentang sesuatu; tafsiran.
Interpretasi atau penafsiran adalah
proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara
yang tak dapat menggunakan simbol-simbol yang sama, baik secara simultan atau
berurutan. Jika suatu objek (karya seni,
ujaran dll) cukup jelas maknanya, objek tersebut tidak akan mengundang suatu
interpretasi.
2. Pengertian teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi
langkah-langkah penjelasan untuk menyelesaikan suatu sesuai dengan tujuan.
3. Struktur teks prosedur kompleks
a. Tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur
kompleks tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
b. Material, berisi informasi tentang alat atau bahan
yang dibutuhkan, namu tidak semua teks prosedur kompleks terdapat bagian ini
(umumnya terdapat resep masakan)
c. Langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk
mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.
4. Ciri-ciri
teks prosedur kompleks
a. Berisikan langkah-langkah
b. Disusun secara informative
c. Dijelaskan secara mendetail
d. Bersifat objektif
e. Langkah berkelanjutan dengan penjelasam
f. Menggunakan pilihan/syarat
g. Bersifat universal
h. Bersifat aktual
i.
Bersifat logis
5. Kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks
a. Konjungsi, terdapat banyak konjungsi pada teks
prosedur kompleks yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah
itu, lalu, dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi
dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.
b. Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur
kompleks banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat
perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperative, yakni kata yang
menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.
c. Verba material dan tingkah laku, verba material
merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku adalah
tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
d. Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara
umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosedur kompleks yang kita sunting
terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.
E.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific.
2. Metode : Cooperative Learning
F.
Media Pembelajaran
Media : Papan tulis dan teks prosedur kompleks “apa yang
harus anda lakukan jika terkena tilang”
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengondisikan kelas
a. Mengucapkan
salam
b. Memandu
doa
c. Mengabsen
peserta didik
d. Mengecek
kelas
2. Apersepsi
3. Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat dari materi yang akan dicapai
4. Siswa melaksanakan
pretest secara individual.
|
10 menit
|
Inti
|
a. Guru menyampaikan materi tentang teks prosedur
kompleks.
b. Siswa diarahkan untuk mengetahui tentang prosedur
kompleks.
c.
Siswa membaca teks prosedur
kompleks dan siswa lain memperhatikan.
d. Siswa mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur, ciri, dan kaidah bahasa teks prosedur kompleks.
e. Siswa mencermati uraian yang
berkaitan dengan makna, istilah dan ungkapan yang ada dalam teks prosedur
kompleks.
f. Guru dan
siswa bertanya
jawab tentang struktur, ciri, dan kaidah bahasa teks prosedur kompleks.
g. Siswa menginterpretasi isi teks
prosedur kompleks berdasarkan makna kata, istilah dan ungkapan yang
digunakan.
h. Setelah
membaca siswa disuruh untuk mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan.
|
160 menit
|
Penutup
|
a. Siswa diberi apresiasi oleh guru.
b. Siswa bersama dengan guru menyimpulakan
hasil pem-belajaran.
c. Siswa mngerjakan post-test secara individual.
d. Guru
merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
e.
Guru menutup pembelajaran dengan meminta
peserta didik memimpin doa kemudian guru mengucapkan salam.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
Proses dan
Hasil Belajar
1.
Pedoman Penilaian Sikap
Tabel
3.1
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Keterangan:
BT
(belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sunguh dalam
menyelesaikan tugas (skor: 1).
MT
(mulai tampak) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikt dan belum ajeg/konsisten (skor:2).
MB
(mulai berkembang) jika menunjukan ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten (skor: 3).
MK
(membudaya) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten (skor: 4).
2.
Format Penilaian Proses
Pembelajaran
Tabel
3.2
No
|
Nama
siswa
|
Menghargai
orang lain
|
Disiplin
|
Akt-ivitas
|
Kerjasama
|
komunikasi
|
skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 5 (sangat baik) skor 2 ( cukup)
Skor 4 (baik) skor 1 (kurang)
Skor 3 ( cukup baik)
3. Format
Penilaian Hasil
Tabel 3.3
Pedoman
Penilaian Hasil Pembelajaran
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Ketepatan
menjawab
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan
menjelaskan untuk siapa teks dibuat
|
5
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketepatan menjelaskan tujuan teks
|
5
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan menjelaskan menerima tuduhan pelanggaran
|
5
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan menjawab dimana harus membayar denda
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ketepatan menjawab kapankah menerima kembali barang-barang yang disita
|
5
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ketepatan menjelaskan tuduhan pelanggaran
|
5
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ketepatan menjelaskan mengapa penting bagi anda mengenali nama petugas
|
5
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Ketepatan
menjelaskan ada berapa alternative
tindakan jika melakukan pelanggaran
|
5
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Ketepatan menjelaskan langkah-langkah teks prosedur kompleks
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
50
|
|
|
Keterangan:
5 = jika siswa menjelaskan dengan
sangat tepat
4 = jika siswa menjelaskan dengan tepat
3 = jika siswa menjelaskan cukup tepat
2 = jika siswa menjelaskan kurang tepat
1 = jika siswa menjelaskan tidak tepat
I.
Sumber
Belajar
1. Kemendikbud.(2013). Buku Siswa
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik SMA/SMK/MA/ MAK kelas X.
2. Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
3. Mardia, S dkk. (2013). Buku lembar aktivitas peserta didik (BLAPD) mandiri dalam aktivitas
belajar bahasa indonesia (MANDALABIA), Bandung. Puri Cipageran Indah I
No comments:
Post a Comment