Tuesday, January 2, 2018

4.3 Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks secara lisan maupun tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                   : SMK Pasundan 3 Bandung
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                       : X / II
Alokasi Waktu                        : 4 X 45 Menit

A.    Kompetensi inti
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompotensi Dasar
Indikator
4.3  Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks secara lisan maupun tulisan.
4.3.1        Menentukan struktur teks prosedur kompleks
4.3.2        Menentukan ciri teks prosedur kompleks
4.3.3        Menentukan kaidah ke-bahasaan teks prosedur kompleks
4.3.4        Menyusun teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur, ciri dan kaidah kebahasaan

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat menunjukkan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi, hiburan dan kritik sosial.
2.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia.
3.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat memahami struktur isi, ciri-ciri, kaidah, dan unsur-unsur dalam teks prosedur kompleks.
4.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat menyunting teks, istilah dan ungkapan yang terdapat dalam teks prosedur kompleks.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian menyunting
Menurut KBBI, menyunting adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktru kalimat); merencanakan dan mengarahkan penerbit (surat kabar, majalah); menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali.
2.      Pengertian teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah penjelasan untuk menyelesaikan suatu sesuai dengan tujuan.
3.      Struktur teks prosedur kompleks
a.       Tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur kompleks tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
b.      Material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namu tidak semua teks prosedur kompleks terdapat bagian ini (umumnya terdapat resep masakan)
c.       Langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.
4.      Ciri-ciri teks prosedur kompleks
a.       Berisikan langkah-langkah
b.      Disusun secara informative
c.       Dijelaskan secara mendetail
d.      Bersifat objektif
e.       Langkah berkelanjutan dengan penjelasam
f.       Menggunakan pilihan/syarat
g.      Bersifat universal
h.      Bersifat aktual
i.        Bersifat logis
5.      Kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks
a.       Konjungsi, terdapat banyak konjungsi pada teks prosedur kompleks yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu, dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.
b.      Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur kompleks banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperative, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.
c.       Verba material dan tingkah laku, verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
d.      Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosedur kompleks yang kita sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan : Scientific
2.      Metode : Pembelajaran aktif
3.      Model : Genre based writing

F.     Media Pembelajaran
Media : Papan tulis dan teks prosedur kompleks

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mengondisikan kelas
a.       Mengucapkan salam
b.      Memandu doa
c.       Mengabsen peserta didik
d.      Mengecek kelas
2.      Apersepsi
3.      Siswa menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.      Siswa menyimak informasi kompetensi, tujuan, materi, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.      Siswa mengerjakan soal pretest secara individual
10 menit
Inti

1.    Guru menyampaikan materi menyunting teks prosedur kompleks
2.    Siswa diarahkan untuk mengetahui informasi, pengertian dan pengetahuan
3.    Siswa dibagi kelompok yang terdiri dari 4 orang
4.    Guru menyampaikan contoh menyunting teks prosedur kompleks
5.  Siswa memperhatikan penjelasan mengenai langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks dengan memerhatikan struktur kebahasaannya
6.    Siswa secara berkelompok menyusun teks prosedur kompleks dalam bentuk tulisan sesuai struktur, ciri dan kaidah kebahasaan
7.    Siswa mempresentasikan hasil menyusun teks prosedur kompleks
8.    Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya.
9.  Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi secara umum
160 menit
Penutup
1.    Guru dan siswa bersama menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran
2. Siswa melakukan post-test secara individual
3. Guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
4. Guru menutup pembelajaran dengan meminta siswa memimpin doa kemudian guru mengucapkan salam
10    Menit

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Pedoman Penilaian Sikap
Tabel 3.1
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



1.




















2.




















3




















4.




















5.




















dst.





















Keterangan:
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sunguh dalam menyelesaikan tugas (skor: 1).
MT (mulai tampak) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikt dan belum ajeg/konsisten (skor:2).
MB (mulai berkembang) jika menunjukan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten (skor: 3).
MK (membudaya) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten (skor: 4).
2.      Format Penilaian Proses Pembelajaran
Tabel 3.2
No
Nama siswa
Menghargai orang lain
Disiplin
Akt-ivitas
Kerjasama
Komunikasi
skor
1







2







3







4







5







6







Dst








              Keterangan:
              Skor 5 (sangat baik)              skor 2 ( cukup)
              Skor 4 (baik)                         skor 1 (kurang)
              Skor 3 ( cukup baik)
3.      Format Penilaian Hasil
Tabel 3.3
Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran
No.
Aspek yang dinilai
Bobot
Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1
Ketepatan menyusun teks prosedur kompleks secara informatif
     5






2
Ketepatan menyusun teks prosedur kompleks secara objektif
5






3
Ketepatan menyusun teks prosedur kompleks secara faktual
5






4
Ketepatan menyusun teks prosedur kompleks secara menyeluruh
5







Total Skor
20
     

            Keterangan:
            5 = jika siswa menjelaskan dengan sangat tepat
            4 = jika siswa menjelaskan dengan tepat
            3 = jika siswa menjelaskan cukup tepat
            2 = jika siswa menjelaskan kurang tepat
            1 = jika siswa menjelaskan tidak tepat

I.       Sumber Belajar
1. Kemendikbud.(2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/SMK/MA/ MAK kelas X.
2.    Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
3.     Mardia, S dkk. (2013). Buku lembar aktivitas peserta didik (BLAPD) mandiri dalam aktivitas belajar bahasa indonesia (MANDALABIA), Bandung.  Puri Cipageran Indah I.


No comments:

Post a Comment