Monday, May 2, 2022

RPP BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Nama Sekolah

 

Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia (Wajib)

Kelas/Semester

X / Ganjil

Kompetensi Dasar

3.3. Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

4.3    Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis

Materi Pokok

Teks Eksposisi

Alokasi Waktu

4    JP

 

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca serta terampil mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulisdengan semangat dan percaya diri serta kreatif selama proses pembelajaran.

B.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan Melalui media WA grup kelas

  1. Guru menyapa peserta didik dengan mengucap salam
  2. Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran
  3. Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya
  4. Peserta didik menyimak informasi dari guru tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Peserta didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran

 Kegiatan Inti

  1. Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru.
  2. Pesertadidik menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
  3. Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
  4. Peserta didik membaca materi teks ekposisi pada buku paket Bahasa Indonesia kelas X halaman 51 – 78 kemudian peserta didik menyimpulkan isi teks eksposisi yang dipresentasikan dengan lisan dan menginterpretasi isi teks eksposisi yang dipresentasikan secara lisan.
  5. Peserta didik berdiskusi secara daring untuk menyimpulkan isi teks eksposisi yang dipresentasikan dengan lisan dan menginterpretasi isi teks eksposisi yang dipresentasikan dengan lisan
  6. Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
  7. Guru bersama peserta didik mengevaluasi menyimpulkan materi teks eksposisi yang baru dipelajari.

 Kegiatan Penutup

  1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  2. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan seperti berikut 
  3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif dan memberi motivasi untuk yang lainnya.
  4. Guru memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap semangat dan mengikuti pembelajaran.
  5. Guru mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
  6. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

C.        PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.          Pengetahuan

Tes tulis dan penugasan

2.          Keterampilan

Produk peserta didik dan praktik

3.          Sikap

Sikap semangat, percaya diri, dan kreatif dalam pembelajaran dan menyelesaikan tugas

4.          Remedial :

Dilakukan sebanyak dua kali dan apabila setelah dua kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa testertulis.

5.          Pengayaan :

Peserta didik yang mencapai nilai > KKM diberikan pengetahuan tambahan dalam cakupan KD atau menjadi tutor bagi peserta didik yang belum mencapai KKM.


 

Mengetahui                                                                            Jakarta, Juli 2020

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,

 

 


………………………........                                                           ………………………………

No comments:

Post a Comment