KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
(WAJIB)
SEKOLAH MENENGAH ATAS
(SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa 1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi 1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi |
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik 2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil
observasi 2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan
langkah yang telah ditentukan 2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan
masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan 2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik
sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik |
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan 3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan 3.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan 3.4
Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan |
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan |
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan 4.2
Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan 4.3
Menyunting teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan 4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan 4.5
Mengonversi teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan |
No comments:
Post a Comment