Friday, January 12, 2018

4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                   : SMK Pasundan 3 Bandung
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                       : X / II
Alokasi Waktu                        : 4 X 45 Menit

A.    Kompetensi inti
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompotensi Dasar
Indikator
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4.1  Menentukan struktur teks prosedur kompleks
4.4.2 Menentukan ciri teks prosedur kompleks
4.4.3 Menentukan kaidah ke-bahasaan teks prosedur kompleks
4.4.4 Menyajikan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur, ciri dan kaidah kebahasaan yang sudah ditentukan

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat menunjukkan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi, hiburan dan kritik sosial.
2.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia.
3.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat memahami struktur isi, ciri-ciri, kaidah, dan unsur-unsur dalam teks prosedur kompleks.
4.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks, peserta didik dapat mengabstraksi teks, istilah dan ungkapan yang terdapat dalam teks prosedur kompleks.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian mengabstraksi
Mengabstraksi merupakan kegiatan penyajian secara singkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan ia menjadi bagian tersendiri.
2.      Pengertian teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah penjelasan untuk menyelesaikan suatu sesuai dengan tujuan.
3.      Struktur teks prosedur kompleks
a.    Tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur kompleks tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
b.    Material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namu tidak semua teks prosedur kompleks terdapat bagian ini (umumnya terdapat resep masakan).
c.   Langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.
4.      Ciri-ciri teks prosedur kompleks
a.       Berisikan langkah-langkah
b.      Disusun secara informative
c.       Dijelaskan secara mendetail
d.      Bersifat objektif
e.       Langkah berkelanjutan dengan penjelasam
f.       Menggunakan pilihan/syarat
g.      Bersifat universal
h.      Bersifat aktual
i.        Bersifat logis
5.      Kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks
a.    Konjungsi, terdapat banyak konjungsi pada teks prosedur kompleks yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu, dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.
b.   Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur kompleks banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperative, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.
c.       Verba material dan tingkah laku, verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
d.    Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosedur kompleks yang kita sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan : Scientific
2.      Metode : Discovery learning
3.      Model : Diskusi

F.     Media Pembelajaran
Media : Papan tulis dan teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM’

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mengondisikan kelas
a.       Mengucapkan salam
b.      Memandu doa
c.       Mengabsen peserta didik
d.      Mengecek kelas
2.      Apersepsi
3. Siswa menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.      Siswa menyimak informasi kompetensi, tujuan, materi, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.   Siswa mengerjakan soal pretest secara individual
10 menit
Inti

1.    Siswa membaca teks prosedur kompleks berjudul “Cara Mengurus SIM”
2. Siswa diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 4 orang
3.    Siswa masing-masing kelompok disuruh menentukan struktur dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
4.    Siswa masing-masing kelompok disuruh menentukan ciri-ciri dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
5.    Siswa masing-masing kelompok disuruh menentukan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
6. Siswa menanyakan struktur, ciri dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
7. Siswa menerima penjelasan tentang struktur, ciri dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
8.   Siswa masing-masing kelompok men-diskusikan struktur, ciri dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
9.    Siswa masing-masing mencatat struktur, ciri dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
10. Siswa menyajikan teks prosedur kompleks “Cara Menyusun SIM” sesuai dengan struktur, ciri dan kaidah kebahasaan yang sudah ditentukan
160 menit
Penutup
1.    Guru dan siswa bersama menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran
2. Siswa melakukan post-test secara individual
3. Guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
4. Guru menutup pembelajaran dengan meminta siswa memimpin doa kemudian guru mengucapkan salam
10    Menit

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Pedoman Penilaian Sikap
Tabel 3.1
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



1.




















2.




















3




















dst.





















Keterangan:
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sunguh dalam menyelesaikan tugas (skor: 1).
MT (mulai tampak) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikt dan belum ajeg/konsisten (skor:2).
MB (mulai berkembang) jika menunjukan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten (skor: 3).
MK (membudaya) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten (skor: 4).
2.      Format Penilaian Proses Pembelajaran
Tabel 3.2
No
Nama siswa
Menghargai orang lain
Disiplin
Akt-ivitas
Kerjasama
komunikasi
skor
1







2







Dst








              Keterangan:
              Skor 5 (sangat baik)              skor 2 ( cukup)
              Skor 4 (baik)                         skor 1 (kurang)
              Skor 3 ( cukup baik)
3.      Format Penilaian Hasil
Tabel 3.3
Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran
No.
Aspek yang dinilai
Bobot
Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1
Ketepatan menentukan struktur teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
     5






2
Ketepatan menentukan ciri-ciri teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
5






3
Ketepatan menentukan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
5







Total Skor
20
     

            Keterangan:
            5 = jika siswa menjelaskan dengan sangat tepat
            4 = jika siswa menjelaskan dengan tepat
            3 = jika siswa menjelaskan cukup tepat
            2 = jika siswa menjelaskan kurang tepat
            1 = jika siswa menjelaskan tidak tepat

I.       Sumber Belajar
1. Kemendikbud.(2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/SMK/MA/ MAK kelas X.
2.     Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
3.     Mardia, S dkk. (2013). Buku lembar aktivitas peserta didik (BLAPD) mandiri dalam aktivitas belajar bahasa indonesia (MANDALABIA), Bandung.  Puri Cipageran Indah I.







No comments:

Post a Comment